Search

Memuat...

24 November 2009

Pembuatan Ekado

Pembuatan Ekado

ekado

Sumber protein hewani yang cukup baik dapat kita peroleh dari ikan. Aneka produk olahan ikan seperti siomai, mpek-mpek, sudah tidak asing lagi menjadi teman santap kita sehari-hari. Selain siomai dan mpek-mplek ada satu lagi produk olahan ikan yang patut dicoba yaitu ekado. Ekado adalah produk olahan yang dibuat dari daging ikan yang dicincang dengan penambahan tepung dan bumbu-bumbu. Spesifikasi dari produk ini adalah adonan daging ikan dibungkus dengan kulit pangsit dan dibentuk seperti kantong yang bagian atasnya di ikat dengan daun kucai. Ekado merupakan produk yang siap untuk dihidangkan (ready to serve product).


A. Bahan Baku dan Bahan Tambahan

Pada umumnya bahan baku ynag digunkan adalah ikan kembung atau ekor kuning. Persyaratan bahan baku yang terpenting adalah kesegaran ikan tersebut. Bahan tambahan yang digunakan yaitu tepung tapioka sebanyak 5%. Kulit pangsit sebagai pembungkus (+ 50 lembar untuk 500 gram adonan daging ikan). Sedangkan umbu-bumbu yang digunakan sebagai berikut :
- Garam 1,5 – 2 %
- Gula 1,5 – 2 %
- Minyak wijen 3 %
- Bawang Bombay 5%
- Bawang putih 3 %
- Merica halus 0,5 %
- Bumbu masak 1 %
- Daun bawang secukupnya

B. Cara Pembuatan Ekado

  1. Ikan difillet, direndam air dingin selama 5 menit sampai 10 menit, buang kulitnya.
  2. Peras fillet ikan yang telah direndam dengan menggunakan kain saring atau alat pengepres.
  3. Daging ikan dicincang kasar-kasar (tidak terlalu halus).
  4. Bawang putih, bawang bombay dan dun bawang diiris / cincang halus.
  5. Campurkan daging ikan yang telah dicincang dengan bumbu : garam, gula, merica halus, minyak wijen, tepung tapioka dan bumbu masak. Kemudian tambahkan bawang putih, bawang bombay dan daun bawang.
  6. Ambil selembar pangsit, kemudian letakkan satu sendok makan adonan daging diatasnya. Bungkus dengan bentuk seperti kantong lalu ikat dengan daun kucai (sebelum digunakan daun kucai dilayukan dahulu).
  7. Ekado siap dibekukan dan disimpan dalam suhu rendah, selain dibekukan ekado juga dapat langsung digoreng dan disajikan dengan sambal dan saus tomat.

Diolah dari berbagai sumber

sumber : http://bisnisukm.com

Bika Singkong

Bika Singkong

Bika singkongSingkong yang dahulu sering dikait-kaitkan dengan makanannya orang miskin, kini menjelma menjadi kreasi makanan-makanan yang banyak diminati. Salah satunya yaitu kue bika singkong yang sangat lezat rasanya. Siapa tidak kenal bika ambon???hampir pasti banyak yang tau dan suka, nah sekarang saatnya anda mencoba kreasi baru kue bika dari singkong. Bahan baku yang mudah dicari dan murah bisa menjadi sumber income yang potensial bagi anda yang berminat untuk mengembangkan sebagai bisnis makanan.

Anda bisa mulai bisnis ini dari bawah dengan menitipkan ke took-toko kue atau ke pedagang-pedangang makanan ringan di pasar. Jika dirasa produk Anda layak untuk dikembangkan maka Anda bisa membuka toko kue, atau anda bisa buka kedai kopi yang sebagai menu utamanya bika singkong. Pasti sangat menarik dan nikmat jika bika singkong disajikan dengan secangkir kopi panas…… Jangan lupa jika Anda membuat tempat usaha, harus memiliki ciri khas kreasi Anda.

Selamat mencoba dan Salam Sukse….

Bahan :

Singkong 1 kg

Kelapa Parut 1 butir

Mentega Cair 45 grm

Baking Powder 1 sdm

Gula Pasir ¼ kg

Vanili ¼ sdm

Tepung Terigu 30 grm

Telor 2 butir

Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Parut kelapa, lalu bagi menjadi 2 bagian, yang sebagian diambil santannya sebanyak 1 gelas dan sebagian lagi disisihkan.
  2. Kocok gula dan telur hingga mengembang, masukkan sisa kelapa parut, singkong parut, aduk hingga rata.
  3. Masukkan mentega cair, vanili serta santan, aduk lagi hingga rata. Masukkan tepung, baking powder dan garam.
  4. Olesi cetakan dengan margarin dan tepung terigu secukupnya. Tuang adonan kedalam cetakan tersebut lalu masukkan dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu. Panggang dalam oven 100 derajat kira-kira 1 jam.
  5. Masukkan lidi ke dalam adonan, jika adonan tidak lengket (kalis) berarti bika singkong sudah matang. Angkat biarkan dingin, barulah dipotong-potong.

sumber gambar : ibushella.blogspot.com/2008/08/bika-singkong.html

sumber : http://bisnisukm.com

Roti Mantau Kismis

Kreasi Unik “Roti Mantau Kismis”

mantou

Roti Mantau adalah makanan khas Cina yang citarasanya mirip bakpao. Dalam tradisi Cina, mantau disajikan bersama nasi atau sebagai pengganti nasi. Teksturnya lembut dan bagian dalamnya empuk. Dahulunya roti mantau disajikan tanpa isi namun sekarang sudah banyak yang mengkreasikannya sehingga banyak sekali fariasinya. Salah satunya yaitu roti Mantau Kismis yang sangat lezat ini.

Masyarakat Indonesia masih jarang yang tau akan keberadaan roti ini, kebanyakan hanya mengenal roti bakpao saja. Hal inilah yang seharusnya bisa Anda manfaatkan sebagai sumber inspirasi bisnis baru yang potensial.

Roti mantau ada juga yang dijual siap pakai dalam kemasan plastik kedap udara di pasar swalayan di gerai makanan dingin. Ada dua macam mantau, yang putih polos atau berwarna putih cokelat. Beli mantau terbaru, bisa dilihat dari tanggal kadaluarsa yang tercantum pada kemasan. Sebelum dipakai, dikukus terlebih dulu agar lembap atau digoreng dengan mentega kalau suka. Jika ingin menyajikan mantau dengan cara lain bisa dibuat sandwich dengan isi daging tumis.

Bahan

  • 300 gr tepung terigu
  • 100 gr tepung tang mien
  • 125gr putih telur
  • 250gr gula halus
  • 40gr susu skim/bisa diganti santan kental
  • 15gr baking powder
  • Sedikit garam
  • >30gr mentega putih
  • 20gr ragi instant
  • 375ml air

Isi

  • 250gr kismis
  • Selai secukupnya

Cara Masak :

  1. Campurkan bahan: tepung terigu, tang mien, baking powder, gula, ragi instant, dan garam. Tambahkan susu, putih telur dan mentega.
  2. Aduk bahan (uleni dengan air) selama sepuluh mnt hingga adonan tidak lengket di tangan. Biarkan 60mnt.
  3. Bagi adonan sesuai selera,bulatkan dan diamkan 10mnt.
  4. Ambil adonan putih, gilas tipis memanjang kemudian olesi dengan selai lalu taburi dengan kismis secukupnya. Gulung cetakan pelan-pelan supaya hasilnya rapi.
  5. Iris sesuai keinginan lalu taruh di loyang yang sudah diAlasi dengan kertas roti, tutup dengan plastic diatasnya dan istirahatkan selama 45mnt.
  6. Kukus selama 10 mnt hingga matang. Tak peru api besar.
  7. Angkat dan sajikan.

Tulisan diolah dari berbagai sumber.

Sumber gambar : http://manismanisblogcom.blogspot.com

21 November 2009

Nasi Jagung

Nasi Jagung, Alternatif Bisnis Kuliner Makanan Tradisional

nasi jagung3Ketersediaan makanan pokok bagi seluruh masyarakat dalam sebuah negara sangat berpengaruh terhadap kualitas SDM negara tersebut, sehingga pemenuhan kebutuhan akan makanan pokok menjadi penting. Subandi et al. (1998), menyebutkan bahwa kebutuhan akan pangan karbohidrat yang semakin meningkat akibat pertumbuhan penduduk sulit dipenuhi dengan hanya mengandalkan produksi padi, mengingat terbatasnya sumber daya terutama lahan dan irigasi. Untuk mencukupi kebutuhan makanan pokok, perlu dilakukan diversifikasi pangan khususnya makanan pokok. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap makanan pokok tunggal beras yaitu beralih ke jagung.

Jagung (Zea mays) merupakan salah satu serealia yang strategis dan bernilai ekonomis serta mempunyai peluang untuk dikembangkan karena kedudukannya sebagai sumber utama karbohidrat dan protein setelah beras (Purwanto,2006). Senada dengan hal tersebut Zubachtirodin et al (2006) juga menambahkan dalam perekonomian nasional, jagung penyumbang terbesar kedua setelah padi dalam subsektor tanaman pangan. Jagung juga merupakan tanaman yang relatif lebih tahan terhadap kekurangan air daripada padi sehingga penanamannya dapat dilakukan setelah penanaman padi, yaitu pada musim kemarau.

Jagung memiliki potensi besar sebagai alternatif makanan pokok selain beras. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan sumberdaya terutama lahan irigasi yang menjadi permasalahan pada produksi beras, relatif tidak terjadi pada jagung. Disisi lain secara kandungan gizi jagung memiliki komposisi zat-zat makanan yang lebih komplet daripada beras. Selain sebagai sumber utama karbohidrat, juga mengandung zat gizi lain seperti: Energi (150,00kal), Protein (1,600g), Lemak (0,60g), Karbohidrat (11,40g), Kalsium (2,00mg), Fosfor (47,00mg), Serat (0,40g), Besi (0,30mg), Vit A (30,00 RE), Vit B1 (0.07mg), Vit B2 (0,04mg), Vit C (3,00mg), Niacin (60mg), dengan kandungan karbohidrat 74,26 g per 100g porsi edible menghasilkan total energi 365 Kcal (USDA, 2008) yang sangat berpotensi sebagai alternatif makanan pokok.

Diversifikasi makanan pokok dengan jagung sebagai alternatif selain beras, harus diikuti dengan perancangan olahan jagung untuk meningkatkan penerimaan konsumen. Produk olahan yang sekiranya dapat mencakup beberapa aspek diatas adalah beras jagung.

Nasi jagung telah lama dikenal oleh masyarakat namun karena proses preparasi dari bentuk jagung pipil hingga nasi yang lama, meliputi proses penumbukan berulang serta penjemuran, maka penerimaannya sebagai bahan pangan pokok lebih rendah daripada nasi biasa. Oleh karena itu pengolahan jagung menjadi beras jagung diperlukan untuk mempersingkat waktu preparasi jagung menjadi nasi jagung. Beras jagung menurut Richana dan Suarni (2007) merupakan hasil proses pemberasan yang meliputi sortasi, penyosohan, hulling dan polishing dengan bahan baku jagung kering pipil.

Rasa nasi jagung, serperti halnya nasi dari beras, dipengaruhi oleh kandungan amilosa. Makin rendah kandungan amilosa, rasa nasi jagung menjadi semakin pulen (Zuraida et al, 2001). Pati jagung normal mengandung 74-76% amilopektin dan 24-26% amilosa. Dengan kadar amilosa tersebut diharapkan nasi yang terbentuk dari beras jagung masih bersifat pulen dan tidak keras saat dingin karena kadar amilosa yang tidak terlalu tinggi.

Pengolahan jagung menjadi beras jagung menciptakan alternatif makanan pokok selain beras dengan sifat organoleptis yang hampir sama, rasa yang netral, dan waktu preparasi yang sama dengan nasi dari beras. Didukung dengan keunggulan kandungan nutrisi serta keinginan masyarakat untuk mencoba mengkonsumsi makanan yang baru, beras jagung memiliki potensi yang baik sebagai alternatif makanan pokok selain beras. Dengan demikian diharapkan beras jagung dapat mensukseskan program diversifikasi pangan pemerintah dan mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap beras sehingga menciptakan swasembada pangan dan ketahanan pangan dapat terwujud.

Dilihat dari keunggulan nasi jagung hal ini bisa di manfaatkan sebagai peluang bisnis kuliner dengan mengangkat tradisional food sebagai keunggulan kuliner yang ditawarkan. Prospek ini sangat menggairahkan karena saat ini masyarakat lebih concern terhadap makanan tradisional yang lebih sehat di bandingkan makanan fast food yang ada sekarang. Selain itu banyak di kota-kota besar masyarakatnya belum familiar terhadap nasi jagung sehingga bisa di tawarkan sebagai makanan pokok alternatif baru yang lebih sehat.

Pembuatan nasi jagung sangatlah sederhana, supaya empuk, jagung direndam semalam, jika akan memasak tinggal dicampur dengan beras dan dikukus hingga tanak. Nasi jagung biasanya dipadukan dengan lauk pauk telur petis, daging tolotoh, kering kentang, pindang tongkol. Sedangkan untuk sayurnya bisa ditambah dengan tumisan sayur.

Membuka usaha bisnis makanan nasi jagung dapat memberikan nuansa baru di dunia kuliner sebagai makanan pokok alternatif bagi masyarakat. Selain melestarikan budaya kuliner kita, nasi jagung juga menyehatkan masyarakat dan memberikan keuntungan secara finansial bagi pemiliknya karena harganya yang lebih terjangkau.

(Sumber gambar:http://mamafhia.blogspot.com/2008_08_01_archive.html)

Lemang

Lemang, Jajanan Favorit Bulan Ramadhan

lemang2Lemang merupakan makanan yang terbuat dari ketan yang dimasak dengan bumbu khas. Lemang akan menjadi incaran konsumen saat ramadhan dan lebaran. Meskipun makanan ini ada setiap saat tapi lemang akan lebih terasa jika disantap saat ramadhan dan lebaran. Jika sudah ramadhan atau lebaran permintaan lemang memang meningkat tajam.

Hmmm..,bayangkan saja jika anda bisa meraih peluang ini sebagai pilihan bisnis anda saat ramadhan dan lebaran. apalagi sekarang lebaran kurang sebentar lagi, hari nan suci dan hari kemenangan yang ditunggu-tunggu bagi umat muslim di seluruh dunia akan segera datang. Jika kita pandai memanfaatkannya, pasti peluang bisnis ini akan menjadi milik anda.

Lemang bisa dianalogikan dengan lontong jika di jawa ataupun ketupat, hanya saja rasanya dan cara pembuatannya sedikit berbeda. Perbedaan terutama karena adanya unsur santan, sehingga membuat lemang lebih gurih dan relatif berlemak. Perbedaan lainnya adalah bahan pembuatnya. Meski bahan dasar lemang adalah beras, namun ada juga yang menggunakan beras ketan atau bahkan ketan. Makanan ini biasanya disantap dengan tape ketan hitam atau bisa juga dengan rendang daging atau ayam yang dipadukan dengan sambal.

lemang1Cara membungkus lemang hampir serupa dengan lontong, namun cara memasaknya yang membuatnya juga cukup unik, yakni dengan memasukkan beras/beras ketan/ketan ke dalam tabung bambu. Selanjutnya tabung tersebut dibakar. Cara membakar lemang akan menentukan rasa. Secara tradisional, tabung ini biasanya dibakar dengan menggunakan sabut kelapa selama waktu tertentu. Sedangkan di jaman modern seperti sekarang, metode memasaknya beraneka ragam, bisa menggunakan oven, microwave, ataupun kompor gas. Namun tentu saja rasanya tidak seenak lemang yang dimasak dengan cara tradisional.

Harga rata-rata 1 tabung bambu lemang berkisar Rp 15 ribu – Rp 20 ribu. Apabila dijadikan satu paket makanan dengan rendang, harganya berkisar Rp 30 ribu atau lebih. Jika ingin memadukannya dengan tape ketan hitam, anda bisa membeli tape ketan hitamnya dengan harga Rp.3.000,-/bungkus.

Bahan:

• 1 Isi Lemang

  • 1 kg Beras pulut (hitam atau putih)
  • 5 butir kelapa (diambil santan kental dan encer)
  • Garam secukupnya sesuai selera

• Tabung Pembungkus

Daun pisang muda secukupnya
Buluh lemang yang telah dibersihkan (bambu yang berkulit tipis yang dipergunakan khusus untuk membuat lemang, bukan bambu berkulit tebal yang biasa digunakan untuk membuat perabot .

• Sabut untuk pembakaran

Cara Membuat:

  • Garam dilarutkan secara merata kedalam santan, lalu tuangkan ke dalam beras pulut. Adonan tidak boleh kebanjiran dan jangan sampai kekeringan pula.
  • Masukkan adonan ke dalam tabung bambu yang sudah dilapisi oleh daun pisang muda. Tinggi adonan kira-kira sepanjang tabung dikurangi sekitar 7 cm dari permukaan tabung.
  • Setelah itu, bakar tabung bambu yang sudah berisi adonan dengan cara menegakkannya pada sebuah sandaran. Sandaran diletakkan sedemikian rupa (berada di antar sabut dan tabung bambu) sehingga tabung mendapat panas dari sabut kelapa yang dibakar. Pembakaran ini akan berlangsung kira-kira selama 3 jam. Balik-balik posisi tabung bambu sehingga semua bagian mendapatkan panas secara merata.

Dengan tahu cara membuatnya, tunggu apa lagi?! Buat sekarang, anda jug bisa membuatnya baik dikonsumsi oleh keluarga saat lebaran atau sebagai pilihan bisnis anda sekarang…?!!!

Diolah dari berbagai sumber
(Sumber gambar: http://media.photobucket.com/image/lemang/boo_licious/misc2/lemang1.jpg, http://ramadan.okezone.com/read/2009/08/21/134/250190/134/berkah-ramadan-bagi-pedagang-lemang)

Dendeng Jantung Pisang

Dendeng Jantung Pisang Potensi Kuliner Cimahi

denjapiHampir seluruh wilayah Indonesia cocok untuk bididaya tanaman pisang. Tanaman pisang tersebar mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, baik yang dibudidayakan di lahan khusus maupun ditanam sembarangan di kebun atau di halaman. Hampir setiap pekarangan rumah diIndonesia terdapat tanaman pisang, hal ini dikarenakan tanaman cepat menghasilkan, dapat berlangsung lama, mudah ditanam dan mudah dipelihara (Sunarjono, 2004).

Produksi pisang di Indonesia cukup besar, bahkan Indonesia menjadi salah satu penghasil pisang terbesar di dunia. Produksi pisang nasional terus meningkat setiap tahun, misalnya dari 2.308.379 ton (tahun 1988) menjadi 2.417.760 ton (tahun 1989). Daerah penghasil pisang terbesar berada di Pulau Jawa (Suhardi dkk, 2002).

Dari seluruh bagian tanaman pisang, buah pisang dan daun pisanglah yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Sedangkan bagian lain dari tanaman ini masih terbatas pemanfaatannya, misalnya saja jantung pisang. Pada fase pembungaan dan pembuahan, setelah pembentukan sisir pisang yang terakhir, kemudian dilakukan pemotongan bunga (jantung pisang). Dan biasanya bunga ini langsung dibuang karena dianggap limbah. Padahal bunga (jantung pisang) memiliki nilai gizi yang cukup baik.

Sebutlah Bambang Eko Putro, warga cimahi yang jeli melihat potensi luar biasa dari jantung pisang yang notabene dianggap sebagai limbah. Beliau kemudian menciptakan “Denjapi”. Denjapi adalah “dendeng” yang terbuat dari jantung pisang. Dendeng yang biasanya dibuat dari daging dicoba untuk dibuat dari bahan lain, dalam hal ini jantung pisang. Jantung pisang memang cocok dijadikan dendeng karena tekstur serat jantung pisang mirip serat daging. Tidak semua jantung pisang enak dimakan. Di antara jantung pisang yang enak dimakan adalah jenis pisang klutuk, pisang kepok, pisang raja bulu, dan pisang raja siam. Yang paling enak adalah jantung pisang dari jenis pisang klutuk.

Bentuk dan rasa denjapi mirip dendeng daging yaitu persegi, tipis, berserat, warnanya kecokelatan, rasanya manis, dengan aroma rempah yang tajam. Rasanya yang enak ini ternyata cukup digemari masyarakat. Bahkan kemudian walikota cimahi mencanangkan dendeng jantung pisang sebagai makanan oleh-oleh khas cimahi, Jawa Barat. Dari hasil analisa laboratorium diketahui pula kandungan giizinya cukup baik yaitu terdiri dari protein 12,051%, karbohidrat 34,831%, lemak total 13,050%.

Lagkah-langkah membuat denjapi:

Bahan

  1. Jantung pisang 4 buah,
  2. ketumbar 1 sendok makan,
  3. ikan teri 50 gr,
  4. bawang merah 10 biji,
  5. bawang putih 4 siung
  6. gula merah secukupnya

Cara Pembuatan

  1. Pilih 4 buah jantung pisang yang masih segar dan mulus
  2. Buang kelopak atau pembungkus jantung bagian luar hingga tampak kelopak bagian dalam yang berwarna putih kemerah-merahan, cuci hingga bersih.
  3. Rebus jantung pisang tersebut hingga lunak.
  4. Tumbuk jantung pisang yang telah direbus tersebut hingga halus
  5. Haluskan bumbu, dan masak dalam wajan.
  6. Masukkan jantung pisang yang telah ditumbuk ke dalam wajan berisi bumbu. Aduk-aduk hingga rata, dan kemudian tambahkan gula merah sebagai penambah cita rasa.
  7. Setelah masak dan bumbu tercampur merata, angkat adonan dendeng tersebut dan segera cetak di atas tampah. Ukuran dan bentuk cetakan dendeng jantung pisang disesuaikan dengan selera. Usahakan dendeng jangan terlalu tebal agar cepat kering.
  8. Jemurlah dendeng selama 2 – 3 hari hingga kering.
  9. Goreng dendeng jantung pisang hingga masak.
  10. Kemas dendeng jantung pisang yang telah digoreng dalam kantong plastik atau wadah lain.

(Sumber gambar: http://www.trubus-online.co.id/mod/publisher/media/1990.jpg)

Bolu Gulung Kukus

Bolu Gulung Kukus, Legit Memanjakan Lidah

Bolu-Gulung

Jika Anda adalah penikmat kue pastinya akan merasa tergoda bila melihat bolu gulung kukus. Tekstur yang lembut dan agak basah serta rasa yang manis legit akan memanjakan lidah dan mulut Anda. Dilihat dari bentuknya juga sudah menarik apalagi pada saat dipotong, akan terlihat bentuk penampangnya yang penuh motif.

Jika Anda termasuk orang yang kreatif maka ini bisa menjadi peluang bisnis yang potensial mengingat banyak orang yang menyukai kue ini. Selain target perorangan Anda juga bisa menawarkan untuk acara-acara hajatan (pernikahan, arisan, sukuran dan acara-acara lain). Komsumen kue bolu gulung kukus ini juga tidak terbatas pada kalangan tertentu, karena rasanya yang nikmat dan harganya pun tidak terlalu mahal. Berikanlah sentuhan kreasi Anda agar kue buatan Anda punya ciri khas dan layak untuk bersaing di pasaran.

Bahan :

Tepung terigu 100 gr

Gula pasir halus 150 gr

Vermipan 1 sdt

Telor 3 butir

Ovalet 1 sdt

Baking powder 1 sdt

Vanili ½ sdt

Rhum jamica 1 sdt

Susu kental manis 2 sdt

Garam secukupnya

Selai secukupnya

Cara membuat :

  1. Telur, gula, vermipan, ovalet, baking powder, dikocok sampai mengembang.
  2. Tuang susu kental manis dan rhum jamaica, teruskan mengaduk (pakai mixer) hingga mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit diaduk kembali supaya tepung merata (pelan-pelan.
  4. Tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi margarine dan tepung terigu.
  5. Kukus selama 20 menit hingga matang.
  6. Olesi selai pada atas adonan roti.
  7. Angkat, gulung selagi masih panas.

Sumber gambar : ncc.blogsome.com/2005/08/10/kue-kue-hasil-kursus

Sumber resep : Ny. Supriyanti, Koleksi Jajanan Pasar. Pustaka Media, 2003.

19 November 2009

Bolehkah Mengganti Nasi dengan Susu?

Kala si kecil enggan makan apakah susu dapat mencukupi kebutuhan gizinya?

Ternyata, kebutuhan makanan tidak dapat digantikan dengan minum susu saja. Dengan minum susu, kebutuhan kalori si kecil memang dapat terpenuhi, tetapi tidak kebutuhan akan zat gizi lainnya. Tubuh tetap membutuhkan serat, vitamin, mineral, dan sebagainya. Yang terbaik tetap lah memberikan gizi seimbang kepada si kecil dengan mengonsumsi beragam bahan makanan.

Itulah mengapa, bila si batita malas minum susu, selama ia memiliki kebiasaan makan dengan gizi seimbang dari bahan makanan yang beragam, maka kemalasan itu tak perlu dikhawatirkan. Susu adalah pelengkap untuk memenuhi kebutuhan akan zat gizi tubuh, terutama kebutuhan akan kalsium. Tetapi dengan mengonsumsi beragam bahan makanan niscaya kebutuhan kalsium dan kalori per hari sudah tercukupi.

Bahan makanan selain susu sebagai sumber kalsium antara lain telur, ikan, udang, kerang, kepiting, kacang-kacangan (tempe, tahu, kacang hijau, dll.), daun singkong, daun bayam, dan daun melinjo. Contoh, 100 gr tempe mengandung 129 mg kalsium, atau 100 gr bayam mengandung 265 mg kalsium. Sementara kebutuhan kalsium per hari untuk si batita adalah 500 mg. Berarti dengan mengonsumsi sayuran bayam ditambah bahan makanan lain, pastinya kebutuhan akan kalsium dapat tercukupi.


KOMPAS.com -

Sumber : www.tabloid-nakita.com

"Ketangkap Basah" oleh Si Kecil

"Ketangkap Basah" oleh Si Kecil

Suami baru pulang dari dinas luar kota, dan Anda mengira anak-anak sudah tidur. Anda pun menganggap, inilah waktunya untuk melampiaskan rasa kangen setelah beberapa minggu tak bertemu. Begitu kangennya, sehingga Anda berdua lupa tidak mengunci pintu. "Permainan" sedang seru-serunya, ketika si sulung yang berusia 7 tahun mendadak masuk ke dalam kamar. Rupanya ia terbangun, dan ingin ikut tidur bersama ayah-ibunya.

Repotnya, Anda berdua tidak menyadari bahwa si sulung sudah berdiri di depan pintu selama... entah berapa detik. Cukup lama bagi si sulung untuk melihat apa yang sedang dilakukan orangtuanya. Reaksi Anda pasti jauh lebih heboh dibandingkan si sulung, yang hanya berdiri bengong. Anda mungkin sedikit shock. Si sulung sedang ceriwis-ceriwisnya, dan Anda khawatir ia akan menceritakan apa yang dilihatnya kepada teman-temannya. Syukur-syukur tidak mengumumkannya saat sedang diminta maju ke depan kelas.

Menurut Louanne Cole Weston, PhD, anggota American Association of Marriage and Family Therapists dan penulis buku Sex Matters®, cara Anda mengatasi masalah ini tergantung seberapa banyak informasi yang pernah Anda berikan kepada anak. Jika anak sudah pernah berdiskusi kecil-kecilan mengenai seksualitas bersama orangtuanya, maka reaksinya tidak harus negatif. Hal pertama yang bisa Anda lakukan begitu menyadari kehadiran anak di dalam kamar, adalah tidak menunjukkan reaksi berlebihan. Tetaplah tenang. Bagaimana pun juga, anak belum memahami apa yang sedang dilakukan orangtuanya, bahwa Anda sedang berbagi keintiman secara fisik.

Cobalah untuk meminta anak keluar dari kamar dengan mengalihkan perhatiannya. Bila ia mendapati Anda dalam posisi tertentu, dan ia tidak lagi dalam usia yang mudah ditipu, tenangkan diri Anda. Memisahlah dari suami tanpa terburu-buru, dan lindungi tubuh Anda dengan selimut. Katakan bahwa Anda ingin berbicara dengan anak belakangan, karena ibu sedang ingin bersama ayah sekarang. Anda bisa mengatakan, "Ayah dan ibu sedang ingin bersama-sama, Adek tidur di kamar Adek sendiri dulu, ya. Tolong tutup pintunya." Apabila anak melihat Anda berdua tidak mengenakan pakaian, Anda bisa mengatakan bahwa Anda sedang kepanasan. Katakan dengan cara seolah-olah tidak ada sesuatu yang aneh sedang terjadi.

Bila anak tidak menanyakan hal tersebut, sebaiknya Anda tak usah menjelaskan apa pun. Namun jika ia bertanya, Anda bisa menanyakannya kembali, apa yang dilihatnya (atau apa yang menurut anggapannya sedang dilihat), lalu jelaskan apa yang terjadi. Anak usia 3 tahun biasanya akan mengira salah satu orangnya sedang terluka (berdasarkan aksi yang dilakukan dan suara yang dihasilkan), sehingga akan lebih baik jika Anda yang menjelaskan padanya apa yang Anda lakukan. Bocah 5 tahun biasanya lebih ingin tahu, dan mencoba melihat sejelas mungkin tanpa sepengetahuan Anda untuk mengetahui apa yang terjadi. Sedangkan anak usia 8 tahun mungkin sudah mulai curiga, dan menganggap aneh mengapa Anda melakukan hal seperti itu. Anak berumur 12 tahun sudah lebih banyak mendapat informasi dari berbagai sumber, dan karenanya merasa jijik melihat pemandangan di depannya, dan segera kabur.

Di pihak orangtua, Anda perlu memahami bahwa anak sebenarnya butuh memproses informasi mengenai seks. Apa pun, dari yang dibicarakan teman-temannya hingga apa yang dilakukan orangtua, secara perlahan-lahan, dan berangsur-angsur. Karena itu, sebaiknya Anda sudah mulai membiasakan untuk menjelaskan hal-hal seputar seks sejak anak masih kecil. Tentu, Anda bisa memberikan informasi yang dapat dipahaminya. Dengan demikian, ketika anak sudah mulai ABG, ia pun sudah lebih mengerti dan dapat menghargai jika kedua orangtuanya sedang menghabiskan waktu bersama.


DIN
Sumber : WebMD

Makanan yang Mencerdaskan Otak pada Masa "Golden Years"

Makanan yang Mencerdaskan Otak pada Masa "Golden Years"
Anak-anak butuh asupan makanan yang tepat dan seimbang guna menjamin pertumbuhan fisik dan otak yang optimal.

Penting untuk diketahui setiap orangtua, bahwa proses perkembangan dan pertumbuhan otak anak dimulai sejak ia masih dalam kandungan, hingga anak berusia 3 tahun. Pada masa-masa inilah sel-sel saraf otak berkembang amat pesat. Jika pada masa ini bayi tidak mendapatkan kebutuhan gizinya, kekurangannya tak akan bisa dipenuhi lagi di kemudian hari. Karena itu, penting untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang di usia ini.

Perlu diketahui, ada dua tahap masa golden years anak: pertama, sejak konsepsi hingga bayi berusia 9 bulan dalam kandungan. Kesehatan bayi berada dalam kondisi optimal baru bisa terdeteksi langsung setelah kelahiran, yang ditandai dengan berat lahir normal, Inisiasi Menyusu Dini (anak langsung mencari puting ibu), dan anak menangis. Kedua, dihitung sejak kelahiran bayi hingga 2 tahun.

Ketika anak lahir, otaknya baru mencapai perkembangan 60 persen, dan ketika ia mencapai 2 tahun, otaknya baru mencapai 80 persen. Makin ia berkembang hingga 14-15 tahun, otaknya mencapai perkembangan hingga 90 persen. Tentunya ini diketahui dengan membandingkan kemajuan fisik dan kemampuan anak sesuai tabel pertumbuhan anak. Untuk bisa mencapai potensi optimal otak dan pertumbuhan fisiknya, diperlukan nutrisi tepat dan seimbang, juga stimulasi untuk otak.

Asupan anak untuk periode usia emas kedua merupakan hal yang krusial untuk anak. Diperlukan kemauan dan kerja keras orangtua untuk memastikan si kecil mendapat nutrisi tepat dan seimbang tersebut. Apa saja yang dibutuhkan?

Makanan yang terbaik dan tepat untuk bayi berumur 0-6 bulan adalah ASI. Bayi usia 6 bulan bisa diperkenalkan kepada makanan padat sesuai kemampuan dan umurnya. Misal, nasi tim, sari buah, dan lainnya. Makin beragam jenis makanan yang diperkenalkan pada anak, makin variatif menunya, makin baik dampaknya kepada pemenuhan zat gizinya.

Pertumbuhan yang cepat pada usia balita memerlukan penambahan konsumsi zat pembangun (bahan makanan mengandung protein) dan pengatur (bahan makanan mengandung vitamin dan mineral). Bertambahnya aktivitas memerlukan penambahan bahan sumber tenaga (bahan makanan mengandung karbohidrat dan lemak). Pertumbuhan mental memerlukan lebih banyak zat pembangun, terutama untuk pertumbuhan sel-sel otak yang sangat cepat.

Ir Marzuki Iskandar, MTP, dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia mengatakan bahwa karbohidrat harus memenuhi 55-60 persen, sementara protein 15-20 persen, lemak 25-30 persen, dan sisanya vitamin. Karbohidrat bisa didapatkan melalui bahan makanan seperti umbi-umbian, jagung, dan gandum. Sementara protein hewani dan nabati bisa didapat dari ikan, kacang kedelai (tahu dan tempe), susu, dan keju. Lemak yang berasal dari hewani dan nabati juga penting untuk dipenuhi lewat sumber lemak esensial yang juga dikenal sebagai lemak cerdas (DHA, AA, Omega-3, dan Omega-6). Vitamin bisa didapat dari buah dan sayur, juga sinar matahari pagi hari, demikian disampaikan Ir Marzuki dalam seminar "Brain Food untuk Masa Golden Years", Jumat (24/7) di Jakarta.

Makanan apa yang terbaik untuk otak yang harus terpenuhi? Ir Marzuki, yang biasa disapa Pak Uki, menjabarkan, untuk Omega-3, bisa didapat dari labu parang, minyak biji kapas, dan kacang-kacangan. Sementara untuk Omega-6 bisa didapat dari jagung, biji bunga matahari, biji wijen, dan susu pertumbuhan yang diperkaya dengan lemak esensial tadi. Sementara untuk DHA bisa didapatkan melalui salmon, makarel, herring, sardin, tuna, minyak wijen, lemon, minyak biji bunga matahari, kenari, zaitun, dan lain-lainnya.

Makanan terbaik untuk protein otak adalah tyrosine dan tryptophan yang bertugas sebagai penyampai pesan ke otak dan pengolah pesannya. Bahan ini bisa didapatkan dari telur, susu pertumbuhan yang sudah diperkaya kedua hal ini, ikan-ikanan, daging putih (daging unggas), daging merah, dan biji-bijian seperti kacang serta hasil olahannya (tempe, tahu, dan oncom).

Pak Uki juga menyatakan akan pentingnya 9 mineral kunci kekuatan mental, yakni zat besi, magnesium, fosfor, mangan, sodium, potasium, kalsium, seng, dan boron. Zat ini menjamin pesan otak mengalir lancar ke seluruh sistem saraf dan otak. Tujuh vitamin yang juga sangat penting bagi otak adalah; vitamin B1, B2, B3, B5, B6, dan biotin, ditambah vitamin C.

Jangan lupakan juga fungsi sayuran. Warna pada sayuran bisa mengisyaratkan kandungannya. Warna-warni makanan memiliki kandungan zat gizi yang penting bagi kesehatan otak, seperti:
*Paprika merah, kaya akan beta karoten.
*Bawang bombay, warna kuningnya dari antoxantin, pelindung kuat terhadap kerusakan akibat radikal bebas.
*Brokoli, kaya akan beta karoten yang juga ada di dalam wortel.
*Bit, warna ungunya disebabkan karena antosianid, yang melindungi membran otak.
*Tomat, warna oranye kemerahannya menandakan antioksidan likopen yang kuat untuk melindungi membran otak.
*Wortel, warna jingganya berasal dari beta karoten, mineral kalsium, magnesium, dan zat besi.
*Alpukat, mengandung beta karoten, vitamin C, dan vitamin E. Buah ini juga mengandung lemak tidak jenuh.
*Jambu biji, sumber vitamin C tinggi.
*Pepaya, vitamin C yang tinggi dan enzim papain untuk mencerna protein.

Perlu diingat juga, diperlukan variasi untuk memberikan makanan kepada anak-anak. Selain karena anak-anak bisa bosan dengan makanan yang sama berulang-ulang, variasi pun memperkaya vitamin dan gizi yang diasup anak. Salah satu asupan yang tak boleh terlupakan pula adalah air, untuk memastikan bahwa makanan terproses dan menghantarkan zat-zat penting tadi ke seluruh tubuh.


KOMPAS.com

hukum oral dalam islam

Suami Istri Merangsang Secara Oral menurut Islam

sexPertanyaan:

Bolehkah pasangan suami istri saling memberikan kepuasan satu sama lain dengan melakukan rangsangan secara oral?

Jawaban:

Pendapat Sheikh Ahmad Kutty:

Tidak ada didalam Islam yang dikategorikan dilarang hukumnya bagi pasangan yang sudah menikah melakukan oral pada pasangannya guna memberikan kenikmatan atau kepuasan, jika itu berdasarkan keinginan bersama. Namun yang masih diperdebatkan adalah jika ketika mengoral keluar cairan semen atau cairan kewanitaan karena menurut Imam Abu Hanifah cairan semen atau cairan kewanitaan termasuk najis.

Perlu dicatat pendapat diatas bukanlah pendapat semua ulama fikih, sebagai contoh Imam Syafii. Aturan pasangan suami istri untuk saling memuaskan dan membahagiakan pasangannya dengan melakukan rangsangan secara oral terdapat dalam salah satu kitab fikih standar mazhab Syafii yang berjudul Fathul Muin dimana merangsang secara oral klitoris pasangan itu diperbolehkan agar bisa memuaskan pasangan. Jika dilihat lebih jauh tidak ada alasan untuk melarang suami merangsang secara oral istrinya.

Pendapat para ulama lainnya:

Para ahli hukum Islam berpendapat bahwa diperbolehkan bagi seorang suami merangsang istrinya secara oral pada daerah intim istrinya atau juga sebaliknya seorang istri melakukan hal yang sama pada daerah intim suaminya dan tidak ada yang salah dengan hal itu. Tetapi jika ketika sedang mengoral dan lalu keluar cairan 'semen' maka hukumnya adalah makruh jika sampai tertelan. Namun perlu diingat tidak ada hujjah atau bukti kuat untuk mengharamkan hal tersebut.

Allah SWT berfirman didalam Al-Qur'an: "Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka
datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.
" (Al-Baqarah:223).

Referensi: www.islamonline.net

zat terkandung pada sperma

Cairan Mani, Apa Isinya?





Cairan mani berfungsi sebagai pelumas dalam hubungan seksual. Setiap ejakulasi, rata-rata pria mengeluarkan cairan mani atau semen sekitar satu sendok teh. Banyak sedikitnya cairan mani ini tergantung pada usia (makin muda makin banyak), kapan terakhir ejakulasi, dan jenis rangsangan yang diterima.

Satu sendok teh cairan mani mengandung sekitar 21 kilojoules (kilo kalori) dan 200-500 juta sperma. Karena jumlah sperma hanya sekitar satu persen dari cairan mani, lalu apa yang 99 persen sisanya?

Menurut seksolog Dr Elna McIntosh, selain sperma, cairan mani terdiri dari gula fruktosa, air, ascorbic acid (vitamin C), asam sitrat, enzim, protein, posfat, dan zinc.

Karena itu, tak perlu khawatir bila tanpa sengaja menelan cairan mani. Untuk mencegah penularan penyakit seksual, tetap disarankan untuk menggunakan kondom saat berhubungan seks.







Kendati demikian, hingga kini masih diperdebatkan, apakah penularan virus HIV bisa terjadi lewat seks oral yang mengandung cairan mani. Yang pasti, tak sedikit penyakit menular seksual yang bisa terjadi lewat seks oral.


AN

Editor: acandra

Sumber : health24



cara menggendong bayi

Menggendong Bayi Ada Caranya
Menggendong bayi harus dilakukan dengan tepat dan benar. Selain bisa mendekatkan ibu dengan bayi, menggendong bayi dengan benar juga bisa membantu perkembangan otak anak.
Menurut Karen Sokal-Gutierez, MD, Ketua Komisi Early Childhood Adoption and Dependent Care di American Academy of Pediatrics, sebagian dokter anak menyebut periode 3 bulan pertama kehidupan bayi sebagai "trimester keempat kehamilan".

Alasannya, bayi kecil butuh lingkungan mirip rahim ibu, yaitu lingkungan yang hangat, mendekap, dan mengayun-ayun. Itulah mengapa bayi kecil terlihat nyaman dalam pangkuan, timangan, dan balutan selimut.

Menggendong bayi merupakan hal yang vital dalam menciptakan ikatan kasih sayang ibu dan bayi. Menggendong penting untuk pengembangan kepercayaan, empati, belas kasih, dan hati nurani bayi. Dari situ, bayi mengembangkan kecerdasan dan kapasitasnya dalam menerima dan memberikan kasih sayang, keintiman, cinta, dan kebahagiaan.

Sebelum dan Saat Menggendong

1. Setiap kali hendak mengangkat bayi, baik menggendong dengan alat gendong atau tangan, pastikan kita tidak hanya membungkukkan tubuh, tapi juga dengan menekuk kedua kaki agar tulang belakang kita tidak menanggung beban berlebih. Selain itu, pada saat membungkuk, pastikan tubuh kita sudah sedekat mungkin dengan tubuhnya agar bayi cepat sampai dalam dekapan.

2. Rewel atau gelisah merupakan salah satu tanda bayi tidak nyaman dalam gendongan Anda. Nah, agar bayi nyaman, jangan terlalu erat mendekapnya. Selanjutnya ikuti keinginan bayi, apakah ingin digendong telentang, setengah duduk, menghadap depan, atau menghadap belakang sambil bersandar di pundak. Setiap bayi memiliki kesenangan berbeda.

3. Jangan mengguncang atau mengayun-ayun bayi terlalu keras saat menggendong. Bayangkan jika kita yang diperlakukan seperti itu, pastinya mual, kan? Pada bayi, ayunan dan guncangan keras bahkan bisa menyebabkan perdarahan di otak.

4. Jika menggendong dengan selendang atau baby carrier, pastikan alat gendong ini terbuat dari bahan yang kuat dan cukup lembut. Pastikan juga lubang untuk kaki tidak terlalu besar agar bayi tidak tergelincir, tali penopangnya pun harus bisa membagi beban tubuh bayi dengan tubuh ibu. Lihat saja tas ransel para pendaki gunung, jika sistem tali dan penyangga gendongan bayi seperti itu seharusnya gendongan tersebut bisa membagi beban dengan baik.

Teknik Menggendong Sesuai Usia

* Bayi 0-3 Bulan

Tubuh bayi baru lahir hingga 3 bulan masih sangat lemah, terutama bagian leher dan kepalanya. Ia baru bisa menolehkan kepala tanpa dapat mengangkatnya. Karenanya, perhatikan betul cara menggendong si kecil.

Cara mengangkat bayi:

1. Sebelum mengangkat si kecil, ia harus mengetahui lebih dulu kehadiran kita. Bisa lewat suara atau kontak mata. Kalau tahu-tahu diangkat, bayi bisa terkejut dan gelisah, kecuali ia tengah tidur pulas.

2. Dekatkan tubuh kita ke arah bayi dengan cara menekuk lutut dan membungkukkan badan. Dengan lembut, selipkan kedua telapak tangan kit ke bawah tubuhnya. Satu tangan di leher dan kepalanya, satu tangan di bokong. Pastikan posisi kedua tangan sudah mantap sebelum mengangkatnya.

3. Setelah bayi sejajar dengan tubuh kita, mulailah mengatur posisi kedua lengan untuk menopang punggung dan juga tungkainya. Geser tangan yang tadinya memegang bokong ke arah punggung. Otomatis, tungkai pun akan tertopang oleh lengan.

Cara menggendong yang luwes dan nyaman bisa dikuasai jika orangtua sering melakukannya. Yang penting, lakukan dengan rasa percaya diri. Kadang, bayi mungil cukup ditopang dengan satu lengan, sementara lengan yang lain dapat mengerjakan kegiatan berbeda.

4. Untuk mengangkat bayi yang sedang tidur tengkurap, selipkan satu tangan di bawah dagu dan lehernya, sedangkan tangan yang lain di bawah perutnya.

Cara meletakkan bayi dari gendongan:

1. Bungkukkan badan ke arah permukaan yang akan menjadi tempat mendaratnya.

2. Setelah lengan kita menyentuh permukaan, biarkan kedua tangan untuk beberapa saat ditindih bayi, sampai bayi merasa aman dan nyaman. Selanjutnya, perlahan lepaskan tangan dari bokong dan pindahkan tangan itu untuk menahan kepalanya. Lalu, lepaskan tangan yang menopang leher. Terakhir, lepaskan tangan yang menahan kepala.

3. Beri tepukan atau sentuhan lembut dan sedikit kata-kata untuk memberinya tanda bahwa Anda akan pergi.

Posisi bayi dalam gendongan:

* Posisi tegak: Lakukan seperti hendak menyendawakan bayi. Bayi menghadap belakang dengan kepala di atas bahu kita. Satu tangan kita menopang leher dan kepalanya, sementara tangan lain memegang bokong dan sebagian punggung.

* Posisi cradling hold: Satu tangan diletakkan pada punggung dan bokong bayi untuk menopang tubuhnya. Letakkan kepala bayi pada lipatan siku (posisi kepala harus lebih tinggi dari bokong bayi); tangan yang lain menahan bokong dan tungkai bayi.

* Posisi duduk: Setelah berusia sebulan, bayi dapat digendong dengan posisi setengah duduk baik di atas lengan/tangan atau di pangkuan. Badan dan kepalanya bersandar ke dada kita dan pandangannya menghadap ke muka. Untuk menjaga keseimbangannya, pegangi dada dan kepalanya dengan satu tangan yang lain.

* Posisi shoulder hold: Syaratnya, bayi harus sudah bisa mengangkat lehernya saat posisinya tengkurap. Dengan posisi ini, bayi digendong dalam posisi tegak 45 derajat dan perut bayi bersentuhan dengan dada ibu. Posisi ini diyakini mempunyai manfaat kontak batin yang dalam, karena bayi dapat mendengar detak jantung ibu.

* Bayi 3-6 Bulan

Bayi sudah semakin kuat. Saat digendong, leher dan punggungnya tak lagi mesti ditopang. Biasanya, bayi usia 3 bulan bisa duduk di pangkuan dengan dipegangi. Karena itu mulai usia ini bayi lebih senang digendong dengan posisi bersandar menghadap ke muka.

Masuk usia 4 bulan, cara menggendongnya sudah bisa lebih santai, baik dengan posisi menghadap ke depan, belakang, atau berhadapan. Menghadap depan adalah gaya gendong favorit bayi sebab dengan begitu ia jadi bisa memiliki luas pandang yang lebar.

Mulai usia 5 bulan, bayi semakin berat dan aktif bergerak. Disarankan untuk menggendongnya dengan menggunakan kain atau baby carrier. Selain membuat bayi nyaman, kita pun masih bisa melakukan aktivitas lain. Bisa juga, bayi didudukkan di pinggang dengan topangan salah satu lengan. Kedua kaki bayi melingkari pinggul kita. Tangan yang lain bisa melakukan aktivitas berbeda.

Mulai usia ini, bayi juga bisa digendong dengan gaya rocking games. Caranya, tengkurapkan si kecil di satu lengan yang menahan pinggangnya, semetara tangan yang lain menyangga perutnya. Ayun si kecil dari kiri ke kanan atau depan ke belakang secara perlahan seperti pesawat terbang. Ia pasti suka. Boleh dilakukan pada bayi di usia 3 bulan ke atas.

* Bayi Usia di Atas 6 Bulan

Karena otot-ototnya sudah kuat dan lehernya pun mampu menopang kepala dengan baik, maka si kecil dapat kita gendong di punggung dengan menggunakan alat gendong. Gendongan cara ini membuat kedua tangan kita bebas melakukan aktivitas lain.

Bisa juga bayi digendong dengan cara didudukkan di lengan bawah kita dengan punggung bayi bersandar di dada dan tangan kita yang satunya melingkari perut bayi. Cara ini banyak dilakukan karena praktis, tidak menakutkan, aman, dan kita bisa menyangga berat badannya.

Untuk mengajaknya bermain, si kecil bisa digendong dengan gaya flying in the air (melayang di udara). Caranya, pegang erat si kecil di ketiaknya, lalu ayunkan perlahan ke udara. Lakukan kontak mata dan sesekali hentikan ayunan saat bayi berada di atas, untuk selanjutnya diturunkan perlahan.

Di usia 10 bulan, kit abisa mendudukkannya di pundak, dengan tangan kita menyanggah tubuh samping kanan dan kirinya.(Gazali Solahudin/NAKITA)

Sumber : www.tabloid-nakita.com

Jangan Sepelekan Urusan Ranjang!

Jangan Sepelekan Urusan Ranjang!

DENPASAR, KOMPAS.com - Pakar Seksologi Universitas Udayana Prof Dr Wimpie Pangkahila menyarankan suami-istri untuk menyelesaikan sekecil apapun masalah kehidupan seksual. Menurut Prof Wimpie, masalah sepele dalam berhubungan intim pasangan suami-istri dapat mengancam keutuhan rumah tangga jika tidak diselesaikan dengan baik.

"Karenanya, apapun masalah yang muncul terkait seksual itu harus dapat diselesaikan dengan baik, termasuk mengenai kesehatan reproduksi yang adalah sangat penting dalam kehidupan rumah tangga," kata Prof Wimpie di Denpasar Senin (16/11) lalu.

Pada seminar bertema "Kesehatan Reproduksi" yang digelar Dharma Wanita dan PKK Kota Denpasar, ia mengatakan, masalah hubungan suami-istri hendaknya dikomunikasikan dengan baik bersama pasangannya.

"Harus ada keterbukaan dan saling memahami antarpasangan masing-masing," kata Prof Wimpie, disambut tepuk tangan para peserta seminar.

Demikian juga terhadap kesehatan reproduksi harus terus dirawat dengan baik. Jangan membiarkan atau mendiamkan masalah yang timbul dalam kehidupan berumah tangga, karena ini akan dapat mencelakakan.

"Maraknya kasus selingkuh dan perceraian, salah satu penyebabnya adalah gagalnya hubungan seksual yang baik dengan pasangan," ucapnya.

Dikatakan, untuk mengatasi kejenuhan dalam kehidupan seksual ada beberapa hal yang mesti dilakukan, seperti menciptakan variasi dalam berhubungan intim.

"Selain itu pasangan suami-istri harus juga memperhatikan masalah suasana, penampilan, rangsangan serta posisi pada saat melakukan aktivitas seksual," kata guru besar Fakultas Kedokteran Unud itu.

Dia juga memberikan beberapa kiat agar hubungan mesra tetap terjaga dengan pasangan masing-masing, di antaranya penampilan. Penampilan yang baik akan dapat meningkatkan rasa percaya diri.


Editor: acandra

Sumber : Ant

Akibat dari Mengguncang Bayi Anda!

Stop Mengguncang Bayi Anda!
Stop melempar atau mengguncang bayi, karena bisa merusak perkembangan otaknya.

KOMPAS.com - Selama ini kita mengira menghentikan tangis bayi dengan menggendong sambil menggoyangnya ke kanan-kiri adalah hal biasa. Ternyata kebiasaan itu bisa mengakibatkan si bayi mengalami shaken baby syndrome.

Sebagai orangtua, tante, atau kakak, pernahkah Anda mengayun bayi ke kanan kiri untuk menenangkan kerewelannya? Atau mungkin melempar anak ke atas kemudian menangkapnya kembali? Ini adalah hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat kita. Aktivitas ini sering dianggap sebagai sebuah permainan mengasyikkan karena si anak pasti akan tertawa ceria. Tetapi ternyata, permainan lempar-tangkap itu sangat tidak disarankan, terutama pada bayi di bawah 1 tahun.

Tahun 2008, Camryn Jakeb Wilson, bayi berusia 12 minggu, meninggal karena sang ayah terlalu keras mengguncang dan meremas tubuhnya. Empat tahun sebelumnya, kasus serupa terjadi pada Aidan Andrews yang berusia 2,5 bulan. Di Jerman, sekitar 100 bayi setiap tahun mengalami kerusakan parah di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Asosiasi dokter anak di Jerman memperkirakan angka bayi yang mengalami trauma (cedera) akibat diguncang-guncang sebenarnya lebih tinggi lagi. Asal tahu saja, guncangan keras selama 5 detik saja sudah bisa merusak fungsi otak, begitu keterangan dari profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota direktur asosiasi tersebut.

Dari kasus-kasus yang terjadi, ahli kedokteran mengidentifikasi satu sindrom serius pada bayi, namanya Shaken Baby Syndrome (SBS). Intinya, sindrom ini mengacu pada penyiksaan terhadap bayi, yang sebenarnya dilakukan tanpa sadar untuk meredakan tangisan bayi. SBS biasanya menimpa anak berusia di bawah 1 tahun, dan dapat mengakibatkan cedera otak parah yang permanen, cedera urat saraf tulang belakang, pendarahan pada mata, bahkan kematian.

Jarang terjadi, namun harus diwaspadai

Untuk Indonesia, belum ada data akurat soal kasus semacam ini. Namun sebagai gambaran, di Amerika terdapat sekitar 1.000 hingga 1.500 kasus setiap tahunnya. Sebagian besar korban SBS adalah bayi berusia 3-8 bulan. Pada balita juga pernah terjadi, tapi jumlahnya tak sebanyak itu. Hampir 25 persen anak yang mengalami SBS di Amerika mengalami kematian.

Menurut dr Pulung M. Silalahi SpA, dokter anak Rumah Sakit Ibu dan Anak Tambak, kematian yang terjadi dikarenakan bayi yang masih sangat muda belum bisa menahan kepalanya sendiri lantaran otot lehernya yang lemah. Akibatnya, jika bayi terguncang badannya, kepalanya akan bergoyang ke depan dan ke belakang. Guncangan atau ayunan yang terlalu keras dapat mengakibatkan keseimbangan terganggu, darah seakan-akan terhenti dan keseimbangan pun terganggu.

Otak bayi juga sangat rentan dan memerlukan ruang untuk tumbuh. Karena itulah ada rongga atau celah antara tengkorak kepala dan otaknya yang dapat mendukung pertumbuhan tersebut. Jika Anda mengguncang bayi Anda dengan kuat, otak si kecil bisa berpindah tempat dalam rongganya. Selanjutnya jaringan otak si bayi akan membengkak dan pembuluh darahnya bisa robek.

Biasanya, bayi penderita SBS akan mengalami pendarahan otak, pendarahan pada mata, serta cedera pada urat saraf tulang belakang atau leher. Sebagian bayi juga memperlihatkan memar dan tulang rusuk yang retak. Efek jangka panjangnya bisa macam-macam, dari kerusakan otak, kebutaan, epilepsi, kesulitan bicara, kesulitan belajar, kesulitan koordinasi, serangan jantung, dan keterbelakangan mental.

Risiko terbesar adalah bayi di bawah 1 tahun, tetapi tidak tertutup kemungkinan dapat terjadi di usia yang lebih tua. Yang harus diwaspadai adalah guncangan-guncangan ini dapat terjadi justru ketika kita asyik bermain dengan sang bayi.

Untuk mendeteksi apakah bayi Anda terkena SBS, ada beberapa gejala yang harus diperhatikan. Apakah si kecil mudah kaget, kelihatan lemah dan mengantuk, tidak mau makan, kesadaran menurun bahkan hilang, pernafasan terganggu, atau kejang-kejang? Bila ya, kemungkinan bayi Anda mengalami SBS. Segera periksakan ke dokter dan hentikan mengguncang atau mengayun bayi. Selamanya!

(Emy Agustia/Majalah Sekar)


Sumber : Majalah Sekar
6 Hal yang Memicu Kemarahan Anak

Si kecil menangis, menjerit-jerit, histeris, mengatakan sesuatu yang tak Anda pahami? Hm… ini hal yang biasa. Namun, sebaiknya tidak dibiarkan. Cara terbaik untuk mencegah anak mengalami kemarahan yang meluap-luap adalah mengetahui dengan jelas apa yang memicu kemarahan mereka. Dengan demikian, Anda bisa menghindari kemarahan itu seluruhnya, atau siapkan diri Anda bila harus menghadapi situasi yang “menantang” seperti itu. Sebab bila tidak sabar menghadapinya, salah-salah Anda sendiri yang tantrum.

Di bawah ini ada enam kategori umum pemicu kemarahan anak. Anda mengenali salah satu di antaranya?

1. Kelaparan atau kelelahan
Anak mengalami masalah biologis, atau sesuatu yang berkaitan dengan kondisi tubuhnya, seperti lapar, atau lelah. Itu sebabnya para ibu biasanya membekali diri dengan snack yang mengenyangkan saat bepergian dengan balitanya. Bahkan saat menunggu pesanan makanan di restoran pun, kadang-kadang ada ibu yang sudah memberikan biskuit untuk anaknya.

Agar anak-anak tidak kelelahan saat berjalan-jalan, tetapkan jadwal istirahat dalam rencana perjalanan Anda, dan jangan sampai terlalu malam. Selain itu, pertimbangkan juga stimulasi macam apa yang dapat dinikmati anak-anak. Ada yang menyukai taman bermain yang riuh-rendah, ada pula yang lebih menyenangi kegiatan yang lebih tenang seperti mewarnai.

2. Kurang aktivitas
Si kecil yang dibiarkan menganggur dalam waktu yang cukup lama akan merasa bosan. Ia lalu akan berusaha menciptakan aktivitas sendiri jika Anda tak mampu melakukannya, namun “aktivitas” ini bisa berarti bertengkar dengan kakak atau saudaranya, atau bertingkah semaunya sendiri. Anda bisa menyiapkan kotak permainan berisi puzzle favoritnya, games, buku mewarnai, video, atau apa pun yang bisa membuatnya tenang di sela-sela jadwal kegiatan Anda. Misalnya, di mobil saat menempuh perjalanan yang panjang, atau di tengah antrian.

3. Dipaksa melakukan sesuatu
Kebanyakan anak akan merasa stres jika diminta mengerjakan PR, membantu di rumah (seperti mencuci piring atau menyapu), atau mencoba kegiatan baru. Bila memang sudah waktunya bagi anak untuk melakukan tugas-tugasnya, buatlah agar suasananya menyenangkan. Berikan reward bila ia berhasil menyelesaikan tugasnya (namun hati-hati, jangan sampai ia hanya mau melakukan tugas karena ada reward yang menunggu). Jika anak takut melakukan sesuatu yang baru, jangan memaksanya; lebih baik bantu ia mengatasi kekhawatirannya dengan membiarkannya mengamati aktivitas itu lebih dulu. Setelah itu minta ia untuk mencoba ikut bermain.

4. Dibiarkan menunggu
Anak akan kesal jika tidak bisa mendapatkan apa yang ia mau, atau harus berhenti melakukan sesuatu yang menyenangkan. Namun akan lebih mudah baginya jika ia tahu kapan akan mendapatkannya. Jadi, pastikan Anda menepati kapan harus memenuhi janji Anda. Jika Anda akan mengunjungi suatu tempat dimana anak menginginkan sesuatu yang tidak mungkin ia peroleh, katakan sebelumnya. Sampaikan bahwa jika ia mampu melalui kegiatan itu tanpa komplain, ia akan mendapatkan yang lain. Bila ia harus berhenti melakukan sesuatu yang menyenangkan, cobalah untuk melakukan perubahan itu dengan lebih mudah. Misalnya, sebagai imbalan karena ia mau berhenti bermain di area bermain anak dan pulang tanpa acara menangis, ia akan mendapatkan es krim.

5. Keyakinan dirinya terancam
Anak pun bisa bersikap perfeksionis! Ia tidak sanggup menanggung kesalahan atau kegagalan saat mengerjakan PR, kalah bermain game, atau saat mewarnai gambar pensilnya mencoret sampai keluar dari garis. Bila si kecil termasuk anak perfeksionis seperti ini, ingatkan dia sebelum mulai melakukan kegiatannya bahwa Anda lebih menghargai usahanya daripada kesempurnaan hasilnya. Janjikan imbalan bila ia tidak menjadi kesal dan marah-marah ketika kalah dalam permainan.

6. Tidak mendapatkan perhatian
Beberapa anak akan kecewa jika kakek-neneknya mengabaikan mereka untuk memperhatikan saudara atau orang dewasa lainnya. Anak-anak tidak bisa disuruh menunggu perhatian dari orangtua ketika mereka tahu kapan akan mendapatkannya. Jadi, pastikan Anda menepati janji kapan harus mengalihkan perhatian padanya. Bila Anda harus melakukan hal lain yang lebih penting, minta mereka untuk tetap di dekat Anda. Seringkali, kedekatan itu sudah cukup memuaskan mereka untuk sementara. Ajarkan juga si kecil cara yang benar untuk meminta perhatian, dan duduk dengan sabar daripada membuat ulah. Jika mereka dengan manis minta bermain, berikan perhatian Anda seutuhnya. Bagaimana pun juga, perhatian adalah hadiah paling ternilai yang dapat Anda berikan.

KOMPAS.com


Sumber : Divine Caroline

Tips aman menerjang banjir untuk motor bebek

Tips aman menerjang banjir untuk motor bebek

Musim hujan telah tiba, jika anda tinggal di kota yang sering terkena banjir, bersiaplah. Paling tidak, Anda bisa tetap mobile meski jalan-jalan sudah mirip sungai.
Untuk pemilik motor jenis bebek (bukan skubek) berikut tips ringan mencegah motor tidak mogok saat menerjang banjir.



Balik Standar

Bagian-bagian yang dilepas, seperti pelindung kaki (tameng) dipasang kembali. Atau bodi yang sudah dimodifikasi, semisal sepatbor depan dan belakang, balikkan ke standarnya. Begitu juga mesin, tenaga yang besar (akibat sudah dimodifikasi) bisa membuat roda belakang spin. Kalau gejala itu berlangsung saat menikung, bisa-bisa terjatuh.


Tekanan Angin Ban

Saat musim hujan begini, pemakaian ban jenis semi-slick kurang tepat. Daya cengkerem kurang gigit dan sebaiknya kembali menggunakan ban standar, baik depan maupun belakang. Sebelum jalan - bila kondisi jalan basah (bertepatan hujan) - periksa tekanan angin ban. Pastikan tidak melewati ukuran standar, malah dikurangi 1-2 psi agar permukaan ban minimal 70% menapak ke aspal.


Lindungi Busi

Untuk mencegah agar busi tidak terendam air, lindungi dengan plastik akrilik dengan memanfaatkan sisi kiri dan kanan tameng sebagai peganggannya. Mulai dari bagian paling bawah tameng menutupi blok mesin. Agar plastik tidak koyak (karena terkena tekanan air, trus membentur kepala silinder) bagian atas dan bawah dikasih triplek atau bisa juga bambu. Boleh dilem atau diikat dengan kawat halus.
Untuk menempelkan plastik akrilik ke tameng bisa menggunakan plakban atau solatape (bukan dari kertas) yang lebar. Ketika menerjang banjir, upayakan kecepatan rata (5 km/jam) jangan dientak-entak yang bisa membuat air masuk melepas pelindung.


Kepala Busi di Sealer

Sekalipun busi sudah dilingdungi, untuk lebih meyakinkan, sambungan kepala busi dengan kabel sebaiknya diberi cairan perapat (sealer) untuk menutupi lubang pernafasan.


Tutup plastik

Seumpama ketinggian air hampir menutupi roda, kalau mau tetap melewati, jangan mengandalkan mesin hidup. Lebih baik didorong (mesin matikan), namun sebelum menerabas lakukan langkah-langkah ini. Copot kabel busi ujungnya ditutup dengan plastik (diikat karet).
Begitu juga dengan blok dan kepala silinder. Kalau masih panas, tunggu sampai dingin, baru dibungkus dengan plastik (bila perlu berlapis ganda) dan diikat pakai karet.

Stik Oli

Periksa tongkat pengukur oli mesin dan pastikan masih rapat. Kalau sudah longgar, sebaiknya ditutup juga dengan plastik agar air tidak masuk bercampur dengan oli.

Knalpot

Jangan lupa knalpot sambung memakai slang dan ikatkan ke plat nomer polisi agar air tidak masuk lewat knalpot saat mesin mati.

Jika sudah lolos dari menerjang banjir, copot semua pelindung, tunggu beberapa menit agar air jatuh. Bila perlu dibantu dengan memiringkan ke kiri dan kekanan. Trus, pasang standar tengah, tekan ke belakang dan ke depan beberapa kali. Baru kemudian nyalakan mesin dan tunggu beberapa menit

Sumber: Kompas

Merawat Motor 4 Tak, Simpel dan Mudah

Merawat Motor 4 Tak, Simpel dan Mudah

Sebenarnya merawat motor tidak rumit dan semahal yang dibayangkan sebagian orang. Pemeliharaan dan service rutin sudah tentu dibutuhkan. Buat para bikers penunggang 4 tak yang ingin motornya selalu tampil prima, ada beberapa jenis perawatan rutin yang dapat kita kerjakan sendiri dirumah. Selain hemat, juga nggak mesti sering-sering mampir kebengkel. Berikut tipsnya :

1. Cek oli mesin
Motor 4 tak memerlukan kondisi oli mesin yang lebih intens daripada jenis motor 2 tak. Hal ini dikarenakan hampir semua komponen penggerak di blok mesin terendam oli. Kurangnya kekentalan apalagi volumenya didalam mesin dapat menyebabkan keausan. Buntutnya mesin bisa rontok akibat pelumasan yang tidak sempurna. Kekentalan dan volume oli dapat kita periksa dengan membuka tutup oli mesin dan melihat indikatornya dibatang tutup. Ganti oli mesin maksimal jika jarak tempuh mencapai 3000 km.

2. Cek busi
Busi sangat vital bagi mesin motor. Komponen ini yang memicu nyala mesin. Perhatikan warna kepala busi, bersihkan dengan amplas halus kalau udah kecoklatan atau ada karat. Seandainya masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Jika ada lengket kaya bekas oli, segera bersihkan bonggol tutup busi dengan lap kering. Sebaiknya busi diganti kalau sudah mencapai 12 ribu km. Perhatikan juga keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila udah uzur terlihat ada retak-retak dan keras, sebaiknya segera diganti.



3. Cek Filter Karburator
Ada 2 jenis filter karburator, model basah dan kering. Model filter basah dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Biasanya motor keluaran tahun 1990 s/d 2000-an, menggunakan model filter basah. Sedang tahun 2000 ke atas, biasanya menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. Filter model ini diganti paling telat 25 ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak. Filter oli pun harus diperhatikan. Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas, menggunakan filter oli dan wajib diganti setiap kurang lebih 10 ribu km.

4. Cek Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang. Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. Jangan lupa memeriksa kondisi gir. Jika sudah terlihat tajam, lekas ganti, karena bisa bikin rantai copot bahkan putus mendadak.
Tapi kalau yang kita pakai jenis motor Matic semisal Yamaha Mio atau Honda Vario yang menggunakan V/Belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir sudah beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila sudah terlihat menipis.

5. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin sampai pol lalu buka pelan-pelan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran. Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. Maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam. Untuk penyetelan klep motor dapat dilakukan setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.



6. Cek Kondisi Aki
Accu atau aki juga ada 2 jenis, kering dan basah. Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus. Tapi setiap tiga tahun, maksimal, kudu ganti. Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, lakukan cek air aki setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi. Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah motor tidak kuat starter. Nggak usah maksa motor menyala dengan cara didorong karena dapat merusak gigi transmisi.

7. Panaskan Mesin Motor
Selalu panaskan mesin sebelum dijalankan. Hal ini amat dianjurkan agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Nggak usah lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Kalau kelamaan bisa-bisa pipa knalpot menguning.

8. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Memang, suku cadang asli sedikit lebih mahal. Namun lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.

Selain beberapa hal di atas, penting juga untuk selalu memeriksa tekanan ban. Ban yang terlalu keras atau kurang angin bisa mengakibatkan kembang ban menjadi rusak.

Jika rutin mengerjakan pemeriksaan dan perawatan tadi, dijamin motor kita berumur panjang dan ngga ngerepotin dan selalu siap tempur...

sumber :http://www.roda-dua.com

Pengetahuan dan Perawatan Seputar Ban Motor

Pengetahuan dan Perawatan Seputar Ban Motor

Ban adalah peranti penting yang menutupi lingkaran suatu roda. Banyak hal penting dan mendasar yang perlu diketahui seputar ban. Mengenai perawatannya, agar ban tetap awet dan aman untuk dikendarai.

Bagaimana cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?
Berikut beberapa tips untuk merawat ban :
1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.
2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.
3. Hindari kontaminasi dengan cairan – cairan kimia yang merusak,oli dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.
4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.
5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.

Tekanan angin ban tubeless berkurang secara tidak wajar padahal tidak tertusuk paku. Apa yang harus dilakukan?
1. Periksa apakah ukuran ban terhadap velg sudah sesuai.
2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.
3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.
4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti ban jika diperlukan.
5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.
6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya jika perlu.

Bagaimana cara menyimpan ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor dengan baik?
1. Pastikan ruangan terlindung dari sinar matahari dan UV.
2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu yang extrim secara terus menerus.
3. Penyimpanan jangan ditumpuk, sebaiknya didirikan satu persatu.

Dalam memasang ban ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan pengendara dan keawetan ban diantaranya:
1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.
2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.
3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.
4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.
5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya.
6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di dalam ban.
7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.
8. Pastikan bahwa posisi “Valve” ban dalam sesuai dengan tanda posisi “Valve” yang tertera pada ban.
9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya.
10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban depan untuk menghindari keolengan.
11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem blong.

Sumber: fdrtire.com

Berita: PENYEBAB MOTOR TERSENDAT SAAT MENANJAK

Berita: PENYEBAB MOTOR TERSENDAT SAAT MENANJAK
10 Nov 2009 | 13:23 hrs
Sepeda motor yang bisa melaju dengan lancar di segala kondisi jalan sudah barang tentu menjadi keinginan dari setiap pemiliknya. Namun saat menghadapi jalan yang menanjak, seringkali pengemudi mengeluh kalau motornya terasa tidak bertenaga, padahal kalau digunakan di jalan datar performa motor tampak prima.

Jalan yang menanjak menjadi salah satu medan berat yang harus dihadapi oleh motor. Oleh karena itu tidak mengherankan kalau dalam kondisi tersebut umumnya katup gas atau jarum skep di karburator akan terbuka lebar agar bisa memberikan suplay bahan bakar yang lebih banyak ke silinder mesin. Dengan demikian motor akan mendapatkan tenaga ekstra untuk melewati medan tersebut.

Akan tetapi penyetelan karburator yang tidak tepat, dimana nozzle pilot jet atau spuyer terlalu kecil, penyetelan jarum skep yang terlampau rendah, atau penyetelan skrup angin yang tidak menyebabkan pasokan bahan bakar ke dalam silinder menjadi berkurang. Dan hasilnya, mesin motor menjdai berat saat menanjak.

Selain melakukan penyetelan kembali, ada baiknya untuk memastikan komponen-komponen di atas. Demikian pula untuk membuat saringan udara dan saringan bensin. Anda bisa menggunakan kuas lembut, pembersih khusus seperti spray (air semprotan) dan air compressor agar kotoran yang menempel pada bagian yang sulit terjangkau bisa tuntas dibersihkan. Satu hal yang patut diingat di sini, jangan menggunakan cairan kimianya terlalu kuat agar tidak merusak komponen di dalamnya seperti busa.

Hal lain yang menyebabkan motor tidak kuat menghadapai medan tanjakan adlah pengapian yang tidak kuat. Oleh karenanya, periksalah sistem pengapian sepeda motor seperti busi berikut kabel-kabelnya, pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Baik yang menggunakan sepeda motor 2-tak, cobalah untuk memeriksa pompa oli samping karena dikhawatirkan setelannya tidak tepat yang mengakibatkan pasokan ke oli tidak pas. Selamat mencoba.

Sumber: Kompas

18 November 2009

25 Aplikasi "Tersembunyi" Windows XP

25 Aplikasi "Tersembunyi" Windows XP

Di bawah ini adalah 25 dari aplikasi yang datang dengan Windows XP yang banyak terlupakan. Tergantung dari pemakaian komputer Anda, beberapa dari aplikasi di bawah ini mungkin berguna, ada juga beberapa program peninggalan Windows versi lama yang tidak dihapus, apabila Anda ingin bernostalgia.
Untuk menjalankan program-program di bawah ini, cukup buka command prompt dan ketik nama programnya (dengan extensi .exe).

1. Character Map = charmap.exe (berguna untuk mencari karakter yang tidak umum)

2. Disk Cleanup = cleanmgr.exe

3. Clipboard Viewer = clipbrd.exe (melihat konten dari Windows clipboard)

4. Dr Watson = drwtsn32.exe (Troubleshooting tool)

5. DirectX diagnosis = dxdiag.exe (Diagnose & test DirectX, video & sound cards)

6. Private character editor = eudcedit.exe ( memungkinkan kreasi atau modifikasi karakter)

7. IExpress Wizard = iexpress.exe (Membuat self-extracting / self-installing package)

8. Microsoft Synchronization Manager = mobsync.exe

9. Windows Media Player 5.1 = mplay32.exe (Retro version dari Media Player, very basic).

10. ODBC Data Source Administrator = odbcad32.exe

11. Object Packager = packager.exe

12. System Monitor = perfmon.exe (sangat berguna, alat yang sangat dapat dikonfigurasi, ia dapat memberitahu anda segala sesuatu yang ingin anda ketahui mengenai kinerja PC)

13. Program Manager = progman.exe (Legacy Windows 3.x desktop shell).

14. Remote Access phone book = rasphone.exe

15. Registry Editor = regedt32.exe [also regedit.exe] (untuk hacking Windows Registry).

16. Network shared folder wizard = shrpubw.exe (menciptakan shared folders pada network).

17. File signature verification tool = sigverif.exe

18. Volume Control = sndvol32.exe

19. System Configuration Editor = sysedit.exe (modify System.ini & Win.ini seperti pada Win98!).

20. Syskey = syskey.exe

21. Microsoft Telnet Client = telnet.exe

22. Driver Verifier Manager = verifier.exe

23. Windows for Workgroups Chat = winchat.exe

24. System configuration = msconfig.exe (dapat digunakan untuk mengontrol program startup)

25. gpedit.msc digunakan untuk mengatur group policy dan otorisasi, apabila Anda menggunakan Active Directory.

Sumber: http://main.man3malang.com/index.php?name=News&file=article&sid=1246

Makanan Sehat yang Jadi "Sampah"

Makanan Sehat yang Jadi "Sampah"

1. Pizza
Bukan hanya kita di Indonesia, bahkan orang Amerika pun menganggap pizza masuk kategoru junk food. Bisa jadi akibat bingung dengan iklan di televisi. Padahal di negara asalnya, Italia, ada hukum yang mengatur bagaimana komposisi pizza idealnya dibuat. Ditentukan mulai dari jenis tepungnya, tomat, mozarela, sampai ke minyak zaitunnya. Makanan ini jika diolah sesuai ketentuan merupakan makanan praktis lagi kaya gizi. Sayangnya, mulai banyak pizza yang diolah terlalu komersil sehingga mengandung terlalu banyak lemak, kalori, sodium, namun rendah gizi.

2.Sayuran Organik Komersil.
Awalnya ini adalah ide yang baik. Sejumlah petani memulai gerakan tanaman organik, menghindari pestisida dan pupuk kimia. Mereka menanam dengan cara alamiah.Namun setelah 30 tahun berlalu, produk tanaman organik menjadi kasus. Sejumlah waralaba besar menginginkan profit berlebih. Akibatnya diproduksi makanan sampah organik seperti susu organik, sayuran organik, yang semuanya berlabel. Apakah itu sungguh sehat dikonsumsi, kadang diragukan. Istilah “organik” kerap hanya sebagai label belaka.

3. Sereal.
Di Indonesia kini sarapan pagi yang biasa bermenu nasi uduk atau lontong sayur mulai digeser dengan sereal. Aslinya, sereal yang ideal terbuat atas gandum, oat atau beras. Intinya adalah bahan pangan untuk manusia. Kandungannya adalah protein, lemak sehat dan vitamin. sayang, mulai marak produsen makanan yang menambah bahan gula, sirup jagung, garam, makanan yang dikeringkan dan sejenisnya. Bahan-bahan inilah yang membuat sereal menjadi sampah di tubuh kita.

4. Roti Tawar.
Roti tawar yang berbahaya bagi kesehatan adalah yang mengandung bahan tak sehat. Dan ini justru yang banyak beredar di negara maju seperti AS. Yakni mengandung tepung dengan gula, siruo jagunng, bahkan sejumlah bahan tambahan tak berguna. Kandungannya membuat orang berisiko menderita obesitas dan diabetes sebab sekali dimakan akan langsung dikonversi menjadi gula darah bernama glokosa. Glukosa ini membuat pankreas bekerja keras dan merusak organ sekitar. Roti tawar yang sehat adalah yang terbuat dari tepung dan air dengan sedikit garam dan yeast.

5.Popcorn.
Jangan terlalu ketagihan makan popcorn yang berasa asin dan menggoda. Pada dasarnya bahan jagung itu sehat, mengandung zat besi tinggi, kalori rendah dan sedikit gula, garam dan lemak. Sayang kini justru kandungan gula, lemak dan garamnya sangat luar biasa. Jauh lebih sehat menyiapkan popcorn sendiri di rumah dengan campuran garam dan gula yang terkendali.

6. Kentang Russet.
Ini adalah jenis kentang yang dipakai untuk membuat french fries alias kentang goreng yang kita kenal sebagai camilan lezat. Kentang Russet ukurannya lebih besar dari kentang biasa, juga lebih murah. setelah dianalisa, kentang ini jika dikonsumsi cepat terkonversi menjadi gula darah dan memicu diabetes dan obesitas. Karena rasanya yang hambar, banyak produsen menambahkan gula dan garam ke bahan ini.

7. Teh Hijau
Dipercaya berkhasiat mencegah kanker, teh hijau banyak dikonsumsi di Asia termasuk Indonesia. Teh ini mengandung antioksidan dan komponen lain yang katanya mengurangi risiko kanker, serangan jantung, bahkan membuat awet muda. Kini teh hijau banyak dijual dalam kemasan botol, ditambah beragam rasa agar menarik. Zat seperti gula, bahan penambah rasa dan pengawet justru membuat teh hijau bukan lagi minuman sehat.

8.Sup Kalengan.
Pada dasarnya sup adalah makanan sehat. Itu jika disajikan dalam keadaan segar dengan kandungan sayuran dan komposisi bumbu seimbang. Namun orang kadang lebih suka yang praktis, sehingga membeli sup kalengan. Awalnya sup kalengan juga masih ideal, sayangnya lama-lama produsen hanya memikirkan profit semata. Satu kaleng sup bisa mengandung 100 miligram sodium dan garam berlebihan, serta lemak dan zat kimia lain. Tentu saja bahan-bahan itu jauh dari definisi sehat.

9. Yogurt.
Betul bahwa yogurt makanan sehat yang terbuat dari proses fermentasi bakteri. Proteinnya tinggi, kalsium dan vitaminnya memberi efek bagus pada tubuh. Kelamaan di pasar swalayan banyak dijual yogurt kemasan bermerek. Biasanya mengandung banyak gula dan buah yang diproses, lalu menyamar sebagai makanan sehat.

10. Nuget Ikan
Ikan memang sehat. Maka banyak ditawarkan godaan produk ikan dalam bentuk instan dan konon lezat. Nuget ikan atau ikan yang sudah diolah lalu siap saji cukup dengan menggorengnya kini menggoda kita untuk membeli. Memang praktis, tak perlu membersihkan ikan mentah yang bau amis dan kotor. Jangan salah, ikan jenis ini justru lebih banyak kandungan garam dan lemak. Kalau sudah begitu, pastinya nilai positif ikan sudah nyaris tak tersisa lagi.

Kini pilihan ada di tangan kita sendiri. Mau makanan sehat tapi agak repot, atau praktis namun sudah menjadi sampah?

(star8online/adm)


Sumber: http://www.dakiunta.com/content/makanan-sehat-yang-jadi-sampah

Yoghurt

Benarkah Yoghurt Baik untuk Manusia

DR Hiromi Shinya adalah ahli bedah perut yang telah memeriksa ataupun melakukan koloskopi pada kurang lebih 300.000 perut manusia. Ia telah melakukan kuisionair untuk menghubungkan antara kondisi perut seseorang dengan pola makannya. Dalam bukunya, The Miracle of Enzyme, menjelaskan bahwa ternyata susu sapi dan semua produk turunannya seperti yoghurt dan keju, ternyata sebagai penyebab kotornya perut, divertikula, dan menumpuknya kotoran stagnan. Bahkan produk olahan susu justru menyebabkan penyakit osteoporosis. Lantas bagaimana dengan yoghurt yang dipromosikan mengandung bakteri hidup Lactobasilus yang bermanfaat bagi usus? Benarkah demikian?

Manfaat dari Lactobasilus sejak awal sudah dipertanyakan. Lactobasilus artinya adalah bakteri yang bermukim dalam usus manusia. Tubuh manusia memiliki sistem pertahanan melawan bakteri yang datang dari luar. Garis pertahanan paling depan adalah asam lambung. Saat Lactobasilus dari yoghurt memasuki lambung, maka bakteri-bakteri tersebut akan dimatikan oleh asam lambung. Sehingga tidak mungkin bakteri-bakteri itu bisa mencapai usus peminumnya.

DR Shinya menjumpai dalam pembedahan usus yang dilakukannya, bahwa karakteristik usus yang mengkonsumsi yoghurt dan produk susu lainnya tidak pernah dalam keadaan baik. Mengapa demikian?

Yoghurt, sebagaimana produk susu yang lain, mengandung banyak laktosa sedangkan orang dewasa tidak memiliki enzim laktase, yaitu enzim untuk mengurai laktosa, dalam jumlah mencukupi. Akibatnya jika Anda mengkonsumsi yoghurt, maka yoghurt itu tidak dapat dicerna secara baik, sehingga membuat perut Anda semakin kotor.

Beliau mengatakan dengan yakin, berdasarkan hasil pengamatan klinis, seseorang yang mengkonsumsi yoghurt setiap hari, bau kotoran dan gas Anda akan menjadi semakin tajam, yang mengindikasikan lingkungan usus Anda semakin memburuk. Akibat dari usus yang kotor ini menyebabkan beraneka penyakit di seluruh organ tubuh manusia.

Masih mau minum yoghurt dan sejenisnya?

http://agungy.blogspot.com/2009/09/benarkah-yoghurt-baik-untuk-manusia.html