Search

30 Januari 2010

Bagaimanakah Pola Pertumbuhan Berat Badan Ideal Balita Anda ?


Bagaimanakah Pola Pertumbuhan Berat Badan Ideal Balita Anda ?

16032009

2 orang penilai

slide5Polewali,@arali2008.– Ini adalah pertanyaan hampir semua besar ibu-ibu yang mempunyai anak balita. Mereka sudah datang di posyandu, tetapi berat badan anaknya tidak sama dengan anak-anak yang yang lainnya.

Pertanyaan ini juga kadang muncul pada mereka yang tidak pernah datang diposyandu, anak mereka ada yang tinggi dan juga yang pendek, bahkan ada anak-anak yang selalu dipaksa makan agar gemuk, ada juga keluarga hanya tahu bahwa pada waktu makan, anak harus di beri makan kalau tidak mau makan dibiarkan saja hingga kelihatan kurus, tetapi mereka tidak khawatir karena anak aktif dan sangat doyan minum susu. Tetapi ketika anak-anak ibu ini bergabung dengan anak-anak lainnya, mereka kemudian baru heran, kenapa pola pertumbuhan anak balitanya berbeda dengan anak-anak lainnya.

Ibu-ibu balita ini kemudian ini mencari tahu, merela kepetugas kesehatan di posyandu, puskesmas, di rumah sakit atau di klinik-klinik kesehatan anak, tetapi mereka belum mendapatkan pencerahan secara maksimal. Tulisan ini mencoba sedikit memberikan pencerahan dari persoalan diatas.

Yang pertama anda harus tahu adalah istilah pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah bertambahnya ukuran fisik dari waktu kewaktu. Sedangkan perkembangan adalah bertambahnya fungsi tubuh seperti pendengaran, penglihatan, kecerdasan, tanggung jawab dan lain-lain. Anda juga harus tahu bahwa setiap anak memiliki garis pertumbuhan yang berbeda-bedah, anak tersebut akan tumbuh mengikuti pola pertumbuhan normalnya. Demikian pula dengan perkembangan fungsi tubuh, setiap anak memiliki tahapan perkembangan menujuh ke fungsi yang lebih baik. Cirinya adalah dapat diukur secara kuantitatif, mengikuti perjalanan waktu dan dalam keadaan normal (ingat! tidak ada kelainan/sakit) setiap anak memiliki jalur pertumbuhan tertentu

slide6Bagaimana mengetahui pertumbuhan normal anak balita Anda, Pertama-tama anda harus mengukur berat badan dan tinggi badannya. Kedua : tentukan berat badan ideal anak, anda juga bisa melihat apakah anak anda tinggi atau pendek, gemuk atau kurus. Ketiga : anak anda harus punya KMS (Kartu Menujuh Sehat) Anda bisa dapatkan secara gratis di Puskesmas terekat Anda. Dan Keempat : Isi berat badam balita anda pada KMS tentunya sesuai umur dan tarik garis mengikuti pita pada KMS.

Repot juga Yach? Memang sedikit repot, tetapi ini penting untuk memantau pertumbuhan anak balita Anda, untuk memperoleh keadaan gizi yang seimbang yang dapat ditunjukkan pada keadaan pertumbuhan yang baik, dan inilah indikasi perkembangan keadaan gizi yang baik. Sebaliknya bila keadaan gizi tidak seimbang, akan dapat menunjukkan gangguan pertumbuhan, indikasi perkembangan keadaan gizi akan semakin memburuk.

Satu hal yang penting juga adalah pola pertumbuhan berat badan sebenarnya tergantung dari Tinggi Badan dan Proporsi (keseimbangan) Berat Badan dan Tinggi Badan. Polanya akan terlihat pada Kartu Menuju Sehat (KMS) pertumbuhan status berat badan ideal anak.

Setalah semua data dan informasi Anda dapatkan, selanjutnya akan saya jelaskan intepretasinya sebagai berikut :

PERTAMA ; Pertumbuhan yang diharapkan pada anak dengan statu awal Berat Badan Idealnya baik (normal) dengan Tinggi Badanya Normal, akan terlihat proporsi (keseimbangan) berat badan dan tinggi badanya normal, maka pola pertumbuhan berat badan pada anak akan terlihat pada KMS adalah standar seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

slide11Berat badan standar (ideal) pada anak usia 1-10 tahun secara praktis dapat digunakan rumus = 2n+8, dimana –n- adalah usia dalam tahun koma bulan misalnya usia 15 bulan ditulis 1,3 (satu koma tiga)

KEDUA ; Pertumbuhan yang diharapkan pada anak dengan status Berat Badan awalnya Kurang dan Tinggi Badannya Pendek, akan terlihat proporsi (keseimbangan) Berat Badan dan Tinggi adalah Normal, maka pola pertumbuhan anak pada KMS akan berada dibawah standar, pola tersebutlah yang diharapkan, karena jika mengikuti Pola Pertumbuhan Standar, anak akan terlihat kegemukan (obesitas). Seperti terlihat pada gambar dibawah ini
slide21
KETIGA ; Jika pertumbuhan pada anak dengan status awal Berat Badannya Kurang, sedangkan Tinggi Badannya normal, akan terlihat proporsi (keseimbangan) Berat Badan dan Tinggi Badan anak adalah kurus, maka pola pertumbuhan anak yang diharapkan adalah harus berada pada pola standar. Jadi anak harus terus dinaikan berat badannya sampai berada pada pola standar, tetapi pola ini tidak boleh dipaksakan bila anak tersebut sejak awal memang sudah mempunyai Tinggi Badan Pendek. Seperti terlihat pada kedua gamabar dibawah ini
slide31Gambar berikutnya

slide4
Semoga pola pertumbuhan Berat Badan Ideal Anak, Anda dapat memahaminya, dan yang terpenting adalah semoga Anda dapat memahami anak Anda, seperti suara mereka berikut ini.

Dari Lingkungan, Anak-Anak Belajar
Jika kami banyak dicela, kami akan terbiasa menyalahkan
Jika kami banyak dimusuhi, kami akan terbiasa menentang
Jika kami dihantui ketakutan, kami akan terbiasa merasa cemas
Jika kami banyak dikasihani, kami akan terbiasa meratapi nasib
Jika kami dikelilingi olok-olok, kami akan terbiasa jadi pemalu
Jika kami dikatai rasa iri, kami akan terbiasa merasa bersalah
Jika kami serba dimengerti, kami akan terbiasa jadi penyabar
Jika kami banyak diberi dorongan, kami terbiasa percaya diri
Jika kami banyak dipuji, kami akan terbiasa menghargai
Jika kami diterima oleh lingkungan,
kami akan terbiasa menyayangi
Jika Kami tidak banyak dipersalahkan,
kami akan terbiasa senang menjadi diri sendiri
Jika Kami mendapatkan pengakuan dari kiri kanan,
kami akan terbiasa menetapkan arah langkah
Jika Kami diperlakukan dengan jujur, kami akan terbiasa melihat kebenaran.
Jika Kami ditimang tanpa berat sebelah, kami akan terbiasa melihat keadilan
Jika Kami mengenyam rasa aman,
kami akan terbiasa mengandalkan diri dan mempercayai orang sekitarnya
Jika Kami dikerumuni keramahan, kami akan terbiasa berpendirian:
“Sungguh Indah Dunia Ini!”

Dikutip dari Dorathy Low Nolte
Children Learn They Live With


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya,silakan
tolong masukan dari sobat2 smua