Search

19 November 2009

Berita: PENYEBAB MOTOR TERSENDAT SAAT MENANJAK

Berita: PENYEBAB MOTOR TERSENDAT SAAT MENANJAK
10 Nov 2009 | 13:23 hrs
Sepeda motor yang bisa melaju dengan lancar di segala kondisi jalan sudah barang tentu menjadi keinginan dari setiap pemiliknya. Namun saat menghadapi jalan yang menanjak, seringkali pengemudi mengeluh kalau motornya terasa tidak bertenaga, padahal kalau digunakan di jalan datar performa motor tampak prima.

Jalan yang menanjak menjadi salah satu medan berat yang harus dihadapi oleh motor. Oleh karena itu tidak mengherankan kalau dalam kondisi tersebut umumnya katup gas atau jarum skep di karburator akan terbuka lebar agar bisa memberikan suplay bahan bakar yang lebih banyak ke silinder mesin. Dengan demikian motor akan mendapatkan tenaga ekstra untuk melewati medan tersebut.

Akan tetapi penyetelan karburator yang tidak tepat, dimana nozzle pilot jet atau spuyer terlalu kecil, penyetelan jarum skep yang terlampau rendah, atau penyetelan skrup angin yang tidak menyebabkan pasokan bahan bakar ke dalam silinder menjadi berkurang. Dan hasilnya, mesin motor menjdai berat saat menanjak.

Selain melakukan penyetelan kembali, ada baiknya untuk memastikan komponen-komponen di atas. Demikian pula untuk membuat saringan udara dan saringan bensin. Anda bisa menggunakan kuas lembut, pembersih khusus seperti spray (air semprotan) dan air compressor agar kotoran yang menempel pada bagian yang sulit terjangkau bisa tuntas dibersihkan. Satu hal yang patut diingat di sini, jangan menggunakan cairan kimianya terlalu kuat agar tidak merusak komponen di dalamnya seperti busa.

Hal lain yang menyebabkan motor tidak kuat menghadapai medan tanjakan adlah pengapian yang tidak kuat. Oleh karenanya, periksalah sistem pengapian sepeda motor seperti busi berikut kabel-kabelnya, pastikan semuanya dalam kondisi baik.

Baik yang menggunakan sepeda motor 2-tak, cobalah untuk memeriksa pompa oli samping karena dikhawatirkan setelannya tidak tepat yang mengakibatkan pasokan ke oli tidak pas. Selamat mencoba.

Sumber: Kompas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya,silakan
tolong masukan dari sobat2 smua