Search

19 November 2009

Bolehkah Mengganti Nasi dengan Susu?

Kala si kecil enggan makan apakah susu dapat mencukupi kebutuhan gizinya?

Ternyata, kebutuhan makanan tidak dapat digantikan dengan minum susu saja. Dengan minum susu, kebutuhan kalori si kecil memang dapat terpenuhi, tetapi tidak kebutuhan akan zat gizi lainnya. Tubuh tetap membutuhkan serat, vitamin, mineral, dan sebagainya. Yang terbaik tetap lah memberikan gizi seimbang kepada si kecil dengan mengonsumsi beragam bahan makanan.

Itulah mengapa, bila si batita malas minum susu, selama ia memiliki kebiasaan makan dengan gizi seimbang dari bahan makanan yang beragam, maka kemalasan itu tak perlu dikhawatirkan. Susu adalah pelengkap untuk memenuhi kebutuhan akan zat gizi tubuh, terutama kebutuhan akan kalsium. Tetapi dengan mengonsumsi beragam bahan makanan niscaya kebutuhan kalsium dan kalori per hari sudah tercukupi.

Bahan makanan selain susu sebagai sumber kalsium antara lain telur, ikan, udang, kerang, kepiting, kacang-kacangan (tempe, tahu, kacang hijau, dll.), daun singkong, daun bayam, dan daun melinjo. Contoh, 100 gr tempe mengandung 129 mg kalsium, atau 100 gr bayam mengandung 265 mg kalsium. Sementara kebutuhan kalsium per hari untuk si batita adalah 500 mg. Berarti dengan mengonsumsi sayuran bayam ditambah bahan makanan lain, pastinya kebutuhan akan kalsium dapat tercukupi.


KOMPAS.com -

Sumber : www.tabloid-nakita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ya,silakan
tolong masukan dari sobat2 smua